E-COMMERCE (TUGAS SIM 2)

Definisi Electronic Commerce (E-Commerce):
- E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson)
- E-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, dan pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir)
Kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, Fax, telepon dsb. (Donna Perry)

Ruang Lingkup E-commerce :
- Electronic Business, merupakan lingkup aktifitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas
- Electronic Commerce, merupakan perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup:
- Perdagangan Via internet
- Perdagangan dengan fasilitas web internet
- Perdagangan dengan sistem pertukaran data
terstruktur secara elektronik

Kerangka Dasar E-commerce :
Aplikasi e-commerce disusun berdasarkan infrastruktur
teknologi, yaitu kombinasi antar komputer, jaringan
komunikasi dan software komunikasi.

Infrastruktur :
Jasa bisnis umum (proses pembelian & penjualan)
Distribusi pesan dan informasi (pengiriman & pengambilan informasi)
Isi multi media dan publikasi jaringan
Information Superhighway

Jenis – jenis E-Commerce :
- Business to business (B2B)
- Business to Costumer (B2C) melalui internet
- Costumer to Costumer (C2C)
- Government to Nation (G2N)

Komponen E-Commerce :
- Electronic Data Interchange (EDI), sbg pertukaran data antara komputer antar berbagai organisasi
- Digital currency, memungkinkan user untuk memindahkan dananya secara elektronik
- Electronic Catalogs, merupakan antar muka grafis (GUI) yang umumnya berbentuk halaman www berisi informasi tentang penawaran produk dan jasa.

Keuntungan E-commerce :
Bagi pengelola bisnis:
- Perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia
- Efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu
Bagi konsumen:
- Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat
Bagi manajemen:
- Peningkatan pendapatan & loyalitas pelanggan

Kelebihan E-Commerce :
- Otomatisasi, menggantikan proses manual
- Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
- Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
- Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”
- Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yg melibatkan institusi lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2009 - All About Me - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template