Nilai Budaya Dasar yang Berhubungan Dengan Kemajuan Teknologi

Pada saat sekarang ini teknologi semakin lama semakin canggih, media pun mulai dengan mudah didapat atau diperoleh informasinya seperti koran, radio, televisi, mobilephone, bahkan internet. Teknologi yang ada sudah sangat berkembang pesat bagaikan roket, akan tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi ini memiliki dampak yang positif dan yang negative. 

Dari sisi positif yang telah kita ketahui yaitu :
- Masyarakat mendapatkan informasi yang banyak.
- Tidak hanya orang yang berada di kota besar, tetapi di daerah pun sekarang sudah dapat menerima informasi dari semua media.
- Mendapatkan informasi yang up to date.

Begitu pun ada pula dampak negatifnya seperti :
- Banyak anak-anak kecil yang menyalah gunakan media untuk melihat hal-hal yang tidak pantas, seperti video atau gambar porno.
- Atau kebanyakan dari anak-anak menggunakan internet hanya untuk bermain game on-line sehingga ketagihan dan lupa akan belajar.
- Terkadang kebanyakkan media hanya mengandalkan ke up to datean atau kecepatan dalam memberikan informasi, tetapi tidak dilihat lebih dalam dari keakuratannya. Sehingga, banyak dari masyarakat yang mendapatkan informasi yang tidak akurat dan mengakibatkan salah persepsi atau pemahaman.

Banyak dari kita yang terkadang tidak sadar betapa besar dampak dari kemajuan teknologi ini yang juga berdampak pada ilmu budaya dasar, yang tanpa sadar banyak dari masyarakat kita sudah diracuni oleh budaya-budaya luar dan lupa akan budaya bangsa yang seharusnya dilestarikan dan dijaga agar bangsa lain tidak mencuri budaya bangsa Indonesia saat kita lengah akan budaya bangsa lain.

1 komentar:

Rahmi Imanda mengatakan...

teman jangan lupa yah masukin link gunadarmanya k dalam blog kamu. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya, misalkan:
www.gunadarma.ac.id
www.studentsite.gunadarma.ac.id
www.baak.gunadarma.ac.id
www.ugpedia.gunadarma.ac.id
:)

Posting Komentar

Copyright © 2009 - All About Me - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template