SIWAK ATASI HALITOSIS

Halitosis adalah bau nafas tak sedap yang berasal dari dalam mulut. Bau ini disebabkan oleh faktor luar maupun dalam.Faktor luar itu antara lain adanya sisa makanan di dalam mulut. Di dalam mulut, terdapat lebih dari 400 juta lebih kuman yang mengeluarkan gas belerang. Kuman ini ada yang bermanfaat dan ada yang tidak. Kuman itu lebih banyak hidup di dalam dan di antara celah-celah kecil di permukaan lidah.

Penyebab bau mulut bisa disebabkan buruknya kebersihan mulut, penyakit gusi, diet tak teratur, mulut kering (xerostomia), konsumsi alkohol, makanan berbau tajam, rokok, penyakit sinus dan infeksi pernafasan, lapar, dan usia.
Untuk mengurangi bau mulut atau halitosis ini, biasanya dengan pasta gigi. Tetapi di kawasan timur tengah kayu siwak banyak digunakan untuk membersihkan mulut dan gigi. Kayu siwak berasal dari spesies tanaman yang berbeda, dan dalam satu kayu mungkin mengandung komponen kimiawi aktif yang heterogen. Komponen aktif yang ditemukan dari kayu siwak Nigeria adalah berbagai macam alkaloid.

sumber : Majalah Insani (edisi Januari 2005)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2009 - All About Me - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template